Instruction To Auhor

INTRUKSI UNTUK PENULIS

PERSIAPAN NASKAH

Naskah harus disiapkan sesuai dengan petunjuk di bawah ini atau dapat melihat template jurnal dan disubmit secara online pada http://jurnal-pharmaconmw.com/jmpi. Petunjuk Submit jurnal secara online pada dilihat pada petunjuk submit Jurnal. Naskah harus diketik 1 spasi, font Times New Roman 12,  pada kertas A4 dengan margin 3,4,3,3.

Halaman Judul

Halaman judul ini berisi judul artikel yang ditulis dengan jelas, lugas dan informatif,  diikuti oleh nama setiap penulis (tanpa gelar dan jabatan yang menyertai), afiliasi/kelembagaan penulis). Penulis korespondensi harus melengkapi alamat email, telepon, pada bagian bawah kiri halaman judul.

Abstrak

Abstrak ditulis dengan jumlah maksimal 250 kata. Abstrak ditulis dengan ringkas dan jelas yang mencakup pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, dan kesimpulan dari penelitian. Abstrak dilengkapi dengan 3–6 kata kunci.

Pendahuluan

Pendahuluan membahas  mengenai latar belakang yang relevan dengan tujuan penelitian. Tujuan dan hipotesis penelitian harus diutarakan dengan jelas.

Metode Penelitian

Metodologi harus ditulis secara jelas tentang bahan dan metode analisis, statistik dan prosedur penelitian yang digunakan.  Bagian ini harus membahas dengan detail agar peneliti lain dapat melakukan kembali metode penelitian yang diajukan . Pada pengujian hewan coba dan manusia harus dilampirkan persetujuan kode etik.

Hasil dan pembahasan

Data yang diperoleh dari penelitian dengan metode analisis yang sesuai harus dijelaskan pada bagian ini. Hasil dipresentasikan dengan format yang mudah dimengerti dalam bentuk gambar 2D maupun tabel.  Pembahasan dilakukan pada hasil penelitian yang diperoleh dan menjawab masalah dan tujuan pada penelitian.  Pembahasan juga harus mengkorelasikan dengan pustaka atau penelitian dalam ruang lingkup penelitian tersebut.

Kesimpulan

Kesimpulan dihubungkan dengan tujuan penelitian.

Daftar Pustaka

Pustaka ditulis sesuai aturan penulisan Harvard-APA Style.  Pencatutan nama penulis sebagai suatu sumber kutipan ditulis dengan ( nama belakang,  tahun). Jika  penulis terdiri  atas dua orang, kata penghubung penulis pertama dan kedua menggunakan ”dan” (tidak  menggunakan simbol ”&”). Jika penulis lebih dari dua orang, hanya nama belakang penulis pertama yang ditulis sebagai sumber kutipan, diikuti  et al. atau dkk. Tampilan pustaka pada daftar pustaka disusun berdasarkan abdjad.  Seluruh pustaka yang digunakan sebaiknya terbitan 10 tahun terakhir. Sebanyak 80% pustaka yang digunakan merupakan pustaka primer. Pustaka primer adalah artikel di jurnal ilmiah, artikel di buku hasil penelitian, dan bahan lainnya yang bersifat karya orisinil. Mohon diperhatikan contoh penulisan daftar pustaka rujukan sebagai berikut:

Buku Teks

Wiley, J. 2006.Contemporary Financial Management.3rd ed. Mc. GrowHill. Los Angeles.

Buku Teks Terjemahan

Cresswell, J.W. 2008. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Third Edition. Sage Publication. California. Terjemahan A. Fawaid. 2010.  Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Cetakan 1. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Buku Terbitan Lembaga/Badan/Organisasi

Badan Pusat Statistik. 2013.  Laporan Bulanan Data Sosial Ekonomi.  Januari. BPS Jawa Timur. Surabaya.

Artikel

Veronica, S. dan Y. S. Bachtiar. 2005. The Role of Governance in Preventing Misstated Financial Statement. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia 2(1): 159-173.

Prosiding Seminar

Fidiana, I. Triyuwono, dan A. Riduwan. 2012. Zakah Perspectives as a Symbol of Individual and Social Piety: Developing Review of the Meadian Symbolic Interactionism. Global Conference on Business and Finance Proceedings  7(1). January 3-6.  The Institute of  Business and Finance Research:  721-742

Skripsi/Tesis/Disertasi

Samsi, N. 2012. Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi, dan Kompetensi terhadap Kualitas Hasil Pemeriksaan dengan kepatuhan Etika Auditor sebagai Variabel Pemoderasi.  Tesis. Program S2 Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Surabaya.