Uji Efek Antifertilitas Kombinasi Ekstrak Biji Saga (Abrus precatorius L.) Dan Biji Pare (Momordica charantia L.) Pada Mencit Jantan (Mus muscullus)

  • Nikeherpianti Lolok STIKES Mandala Waluya Kendari
  • Pebriani Derianty Pasambo Fakultas Farmasi Universitas Indonesia Timur Makassar
  • Hasyim Bariun Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin, Makassar
Keywords: Biji Saga, Biji Pare, Antifertilitas, Fetus

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang uji efek antifertilitas kombinasi ekstrak biji saga (Abrus precatorius L.) dan biji pare (Momordica charantia L.) pada mencit jantan. Tujuan penelitian ini untuk menentukan efek optimum kombinasi antara ekstrak biji saga dan biji pare sebagai antifertilitas terhadap mencit jantan. Penelitian ini menggunakan 36 ekor mencit, terdiri dari 18 ekor mencit jantan dan 18 ekor mencit betina yang dibagi menjadi 6 kelompok. Kelompok I sebagai kelompok kontrol dengan menggunakan Na.CMC 1%, kelompok II sebagai kelompok perlakuan dengan ekstrak biji pare konsentrasi 10 % b/v, kelompok III ekstrak biji saga dengan konsentrasi 10% b/v, dan untuk kelompok IV,V,VI adalah kelompok kombinasi ekstrak biji saga dan biji pare 10% b/v masing-masing dengan perbandingan 75 : 25 bagian, 25 : 75 bagian, dan 50 : 50 bagian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak etanol biji saga dan biji pare dengan konsentrasi 10% b/v dengan beberapa perbandingan kombinasi menunjukkan adanya efek antifertilitas yang ditandai dengan adanya penurunan jumlah fetus. Pemberian kombinasi 50 : 50  menunjukkan efek antifertilitas yang paling optimum.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-31
How to Cite
Lolok, N., Pasambo, P., & Bariun, H. (2017). Uji Efek Antifertilitas Kombinasi Ekstrak Biji Saga (Abrus precatorius L.) Dan Biji Pare (Momordica charantia L.) Pada Mencit Jantan (Mus muscullus). Jurnal Mandala Pharmacon Indonesia, 3(02), 96-102. https://doi.org/10.35311/jmpi.v3i02.2