PARTISIPASI PEMUDA DALAM PEMBANGUNAN DESA: (Transformasi Wisata Berbasis Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan UMKM di Desa Lembah Hijau)

https://doi.org/10.35311/jmpm.v3i2.89

Authors

  • Sofyan Alhadar Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Bina Taruna
  • Sainudin Latare Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo
  • Yahya Antu Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Bina Taruna
  • Abdul Latif Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Hamzanwadi
  • Yayan Sahi Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo
  • Tayeb Gobel Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Bina Taruna

Keywords:

Partisipasi Pemuda, Wisata Huyula, UMKM Lembah Hijau

Abstract

Keterbatasan kemampuan dalam mengelola lingkungan yang memiliki potensi di sektor pariwisata, merupakan gambaran bahwa masyarakat masih minim akan sumber daya manusia yang mumpuni. Apabila dilihat berdasarkan potensi Desa Lembah Hijau memiliki panorama pesisir laut yang sangat indah. Namun keindahan itu, sirna dengan kurangnya kemampuan masyarakat dalam mengelolanya. Hal itu tercermin dari beberapa masalah diantaranya adalah, wilayah pesisir Laut yang berada di Desa Lembah Hijau seakan-akan menjadi tempat yang tidak berpenghuni dan limbah sampah masyarakat yang banyak bertebaran dimana-mana. Secara garis besar faktor yang mempengaruhi keterbatasan SDM masyarakat Desa Lembah Hijau yaitu kemampuan SDM yang rendah diakibatkan oleh tingakat Pendidikan yang masih jauh dari harapan. Dalam pelaksanaan kegiatan Pengabdian ini, menggunakan pendekatan  fenomenologis berupa sosialisasi dan pendampingan yang melibatkan Dosen dan Mahasiswa serta 15 orang pemuda yang berada di Desa Lembah Hijau Kabupaten Bone Bolango. Adapun hasil pelaksanaan kegiatan ini, meningkatnya kesadaran masyarakat akan adanya potensi wilayah pesisir sebagai sumber pendapatan UMKM Lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-12-31

How to Cite

Alhadar, S., Latare, S., Antu, Y. ., Latif , A. ., Sahi, Y. ., & Gobel, T. . (2022). PARTISIPASI PEMUDA DALAM PEMBANGUNAN DESA: (Transformasi Wisata Berbasis Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan UMKM di Desa Lembah Hijau). Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 3(2), 336–342. https://doi.org/10.35311/jmpm.v3i2.89